Sabtu, 04 Oktober 2014

Perkembangan Implementasi dari Grafik komputer dan Pengolahan Citra

Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat artikel yang berkaitan dengan Pengolahan Citra dan Grafik Komputer mulai dari definisi, pengaplikasiannya dengan kehidupan sehari-hari, serta perbedaan kedua bidang ilmu tersebut. Tujuannya ialah untuk menambah wawasan mengenai konsep dari grafik komputer dan pengolahan citra, dan hubungan antara keduanya serta memahami perkembangan implementasi dari grafik komputer dan olah citra

A. Pengolahan Citra

(a) Definisi
         Secara singkat Pengolahan Citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Lebih luasnya pengolahan citra ialah ilmu yang berkaitan dengan reknik-teknik utk modifikasi dna intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra dan mengenali pola-pola visual yang ada. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas saya akan menjelaskan operasi dalam pengolahan citra, yang dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

(b) Operasi-Operasi Umum Pengolahan Citra

 1.Perbaikan kualitas citra
     Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi parameter-
     parameter  citra. Dengan operasi-operasi ini ciri-ciri khusus pada citra dapat ditonjolkan.

   Yang termasuk ke dalam operasi ini yaitu:
     A. Perbaikan kontras gelap/ terang. (contrast enhancement)
     B. Perbaikan tepian objek. (edge enhanchement)
     C. Penajaman. (sharpening)
     D. Pemberian warna semu (pseudocoloring)
     E. Penyaringan derau (noise filtering)

2.Pemugaran Citra (image restoration)
   Operasi ini bertujuan untuk menghilankan/meminimumkan cacat pada citra, yang termasuk dari operasi ini  ialah penghilangan derau (noise) dan kesamaran (deblurring).

3.Segmentasi Citra (image Segmentation).
   Operasi ini bertujuan untuk memampatkan citra sehingga memori yang dibutuhkan untuk menyimpan citra  jadi lebih kecil, tetapi citra hasil kompresi tetap memiliki kualitas yang bagus. Contohnya metode JPEG.

4. Sementasi Citra (Image Segmentation)
   Operasi ini bertujuan untuk mempartisi suatu citra ke dalam beberapa segmen dengan kriteria tertentu.    Jenis operasi ini ada kaitannya dengan pengenalan pola.

5.Analisis Citra (image Analysis)
Operasi ini bertujuan untuk menghitung besaran kuantitatif citra untuk menghasilkan deskripsinya. Teknik analisis citra mengekstrasi ciri-ciri tertentu untuk membantu dalam identifikasi objek.
Yang termasuk dalam operasi ini Antara lain:

a.Pendeteksian tepian (edge detection).
b.Ekstraksi batas (boundary).
c.Representasi daerah (region).
d.Rekonstruksi citra (image reconstruction).
Operasi ini bertujuan untuk membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi. Operasi ini banyak diunakan dalam bidang medis. Contohnya penggunaan foto Rontgen dengan bantuan sinar X.

(c) Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

·         Bidang Militer
o   Mengenali sasaran peluru kendali melaui sensor virtual.
o   Mengidentifikasi pesawat musuh melauli radar.
o   Teropong malam hari (night vision).

·         Bidang Medis/Kedokteran
o   Mendeteksi retak atau patah tulang menggunakan CT Scan.
o   Rekonstruksi foto janin.
o   Mendeteksi kanker otak.

·         Bidang Biologi
o   Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis.

·         Bidang Pendidikan
o   Pengolahan pendaftaran mahasiswa mengunakan scanner.

·         Bidang Geografi dan Geologi
o   Pemetaan batas wilayah melalui foto udara / Landsat.
o   Mengenali jenis dan bentuk lapisan batuan bawah permukaan bumi melalui rekonstruksi hasil seismic

·         Bidang Kepolisian/hokum
o   Penggunaan pola sidik jari (finger print).
o   Rekonstruksi wajah pelaku kejahatan.
o   Pengenalan pola hasil uji balistik.

·         Bidang Perdagangan
o   Pembacaan barcode pada barang di swalayan.
o   Scan otomatis pada suatu formulir.

·         Bidang Hiburan
o   Kompresi video

·         Komunikasi Data
o   Kompresi citra yang ditransmisikan melalui internet.



B.      Grafik Komputer

a.       Definisi

Pada dasarnya ilmu grafik computer ialah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara meningkatkan dan memudahkan komunikasi antar manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Grafik komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan gambar-gambar, bagan-bagan, dan diagram-diagram. Dapat pula diartikan bahwa ilmu grafik komputer ialah cabang dari ilmu komputer dan berkaitan dengan manipulasi visual konten dan proses sistemasinya secara digital. Walaupun istilah ini sering mengacu kepada komputer grafik tiga dimensi, tetapi juga mencakup grafik dua dimensi dan pengolahan citra.

b.      Implementasi Ilmu Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari

   a.Computer Aided Design (CAD).

     CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain. Khususnyauntuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bangunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, dan peralatan rumah tangga, dan untuk berbagai keperluan lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.

    b.Computer Aided Software Engineering (CASE)

        CASE, sama dengan CAD namun digunakan dalam software engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basis data, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose

    c.Virtual Reality

      VR ialah lingkungan irtual yang seakan akan begitu nyata mendekati aslinya di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan tiga dimensi. Contoh aplikasi VR ialah parachute trainer yang digunakan oleh U.S Nay untuk latihan terjun payung. Dengan mengunakan aplikasi ini banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh seperti mengurangi risiko cedera selama latihan, mengurangi biaya, serta melatih tentara sebelum melakukan terjun payung yang sesungguhnya.

    d.Visualisasi Data

        Visualisasi data ialah berbagai teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak, maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, struktur suatu website, visualisasi hasil data mining.

     e.Pendidikan dan pelatihan

      Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisikadan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi dan sebagainya dapat membantu seseorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.

     f.Computer Art

       Computer Art ialah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil karya dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior dan eksterior dan sebagainya. Contoh program aplikasinya: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.

     g.Hiburan

         Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment seperti motion pictures, animasi, ideo clips,dan sebagainya. Tayangan-tayangan anime yang biasa kita tonton juga menggunakan komputer grafis.

     h.Video Game

        Video game, siapa yang tidak kenal dengan video game salah satu industry hiburan yang sudah eksis selama puluhan tahun ini juga memanfaatkan ilmu grafik komputer di dalamnya. Ideo game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video.

Refrensi               :
       
·         id.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_citra
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Grafik_komputer
·         http://elektroundip2002.files.wordpress.com/2008/02/tugas-01-grafkom.pdf
·         http://savitri-achilles11.blogspot.com/2008/11/contoh-aplikasi-pengolahan-citra-yang.html
·         http://wulan-aza.blogspot.com/2010/09/ilmu-grafik-komputer-di-bidang.html
·         http://nopian46.wordpress.com/2009/10/20/contoh-grafik-komputer-dan-olah-citra/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar